MBOJO FESTIVAL 2013

rimpu081210

Mbojo? Bagi beberapa orang, mungkin sedikit asing dengan daerah ini. Kalaupun beberapa kali mendengar nama daerah ini, mungkin kita akan lebih sering mendengar dari berita-berita yang memberitakan mengenai kriminalitas, hal ini lebih sering kita dengar, daripada kerajinan tenun yang merupakan kerajinan khas daerah yang masuk dalam Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Ya, saya jadi sedikit teringat dengan cerita teman saya Bang Opik, yang juga tinggal di Kota Bima, dia menceritakan bahwa orang-orang di Mbojo adalah orang-orang yang memiliki nyali yang cukup tinggi, namun ‘nyali’ yang dimaksud di sini seringkali ditunjukkan dengan kekerasan. Tapi, itu dahulu, Mbojo saat ini sudah tidak lagi diwarnai dengan kriminalitas, ya walaupun sesekali kita masih melihat berita minus dari daerah ini.

Sejak tahun 2012 lalu, (Badan Promosi Pariwisata Daerah) Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah secara resmi mengadakan sebuah festival, yang selain untuk merekatkan persatuan dan persaudaraan di antara masyarakat Kota Bima pada khususnya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya, juga untuk menunjukkan bahwa di Kabupaten Bima, tidak lagi diwarnai dengan kerusuhan-kerusuhan maupun pertikaian-pertikaian, namun juga memiliki keunikan budaya yang telah ada sejak zaman Kesultanan Bima. Ya, Bima dan Mbojo memang memiliki alam yang tak kalah indahnya dengan pulau-pulau lainnya yang ada di gugusan Provinsi Nusa Tenggara Barat,  keindahan alam yang telah menjadi ciri khas dari daerah-daerah yang berada di timur Indonesia, bukan hanya alam, keunikan budaya di Bima dan Mbojo pun tak kalah saing dengan Lombok misalnya.

Mbojo Festival sendiri, pada tahun ini kembali digelar. Namun sedikit berbeda dengan festival pada tahun sebelumnya, acara yang akan dilangsungkan pada tanggal 4 Juni hingga 5 Juli 2013 ini, juga akan dilangsungkan peringatan yang menandai berdirinya Kesultanan Bima, yang telah berdiri sejak tahun 1640. Mbojo Festival yang secara rutin akan diadakan tiap tahunnya untuk memperingati hari jadi Bima ini, akan dirangkai dengan acara seni dan budaya, yang mana salah satu acara yang akan ditunggu-tunggu adalah acara Pacuan Kuda, yang pada tahun ini akan dilangsungkan pada tanggal 23 Juni sampai dengan 3 Juli 2013.

*gambar diambil dari mbah gugel*

Posted on June 6, 2013, in INDONESIA DARI TULISAN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: