TIPS DAN TRIK

IMG_4697

Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam melakukan suatu perjalanan, entah itu perjalanan jarak jauh yang akan ditempuh berhari-hari bahkan berbulan-bulan, ataupun perjalanan jarak dekat, yang mungkin hanya akan ditempuh selama beberapa jam saja. Mempersiapkan berbagai macam hal, memang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena kelak persiapan itulah yang akan mempengaruhi sukses atau tidaknya suatu perjalanan.

Terkadang kita sangat mempersiapkan hal-hal yang terbilang besar, namun jangan salah, hal-hal yang kecilpun akan sangat mempengaruhi suatu perjalanan. Ambil contoh seperti misalkan kita yang hendak melakukan perjalanan ke suatu gugusan pulau-pulau kecil, misalkan seperti ke gugusan Kepulauan Seribu. Entah kita adalah orang yang takut air atau tidak takut, kita dipastikan akan berbasah ria, lalu ternyata kita tidak menyiapkan pakaian atau celana dalam yang mumpuni. Bayangkan betapa risihnya jika kita harus berjalan-jalan dengan pakaian atau celana dalam yang basah atau lembab, atau mungkin malah terpaksa sama sekali tidak menggunakannya, karena kurang pewe untuk digunakan. Itu hanya contoh kecil saja, masih banyak sekali hal-hal kecil yang sering terlupakan oleh kita. Itu hal kecil, apalagi hal-hal yang besar, yang terlupakan oleh kita, wahh bisa gagal total deh perjalanan yang kita harapkan.

Persiapan sebelum keberangkatan atau saat posisi kita telah menjadi seorang wisatawan memang sangat penting, tetapi memikirkan hal-hal yang akan terjadi setelah kita melakukan suatu perjalanan juga sangatlah penting. Bukan bagaimana memikirkan pakaian-pakaian yang akan kita cuci atau laundry saja loh, beberapa hal cerdas, malah mampu membuat uang yang telah kita gunakan (bagi yang melakukan perjalanan dengan biaya sendiri) dapat kembali lagi, bahkan jika kita memikirkan hal-hal mulia lainnya, maka mungkin tidak mungkin, hal cerdas yang kita lakukan setelah perjalanan, membuat pahala tersendiri bagi kita.

Jadi, persiapkan dan pikirkan hal-hal yang mungkin atau dapat kita lakukan untuk membuat perjalanan yang kita lakukan menjadi sukses dan menjadi bermanfaat bagi orang lain. Tetaplah menjadi seorang smart traveller itu kuncinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: